Jumat, 06 Februari 2015

Manfaat Tauge Untuk Kesehatan

Unknown | 23.39 |
Manfaat Tauge Untuk Kesehatan - Siapa yang tak kenal dengan Tauge? Walaupun bentuknya kecil, tauge ini memiliki khasiat yang sangat besar untuk kesehatan. Tauge mengandung nilai gizi yang tinggi, harganya pun sangat murah, dan mudah didapat. Makanan yang terbentuk melalui proses berkecambah kacang-kacangan ini ternyata bisa mencegah berbagai macam penyakit dan meningkatkan kesuburan.
Tauge atau kecambah merupakan salah satu bahan pangan yang bisa dimanfaatkan menjadi berbagai bentuk olahan makanan. Dalam keseharian, tauge atau kecambah biasa menjadi bagian dari aneka soto, gado-gado, pengisi makanan macam tahu isi atau dimasak bersama sayuran lain. Kandungan vitamin E yang ada pada tauge bermanfaat untuk  menjaga kehalusan kulit. Selain itu, tauge juga sangat bermanfaat untuk kesuburan. Tauge juga mengandung senyawa antioksidan lengkap dengan perlindungan kekuatan yang luar biasa. Sangat disarankan jika akan mengkomsumsi tauge dalam keadaan mentah. Tauge merupakan makanan yang ideal untuk orang-orang yang memperhatikan asupan kalorinya, seperti kacang yang sangat rendah kalori. Tidak diragukan lagi jika tauge memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lalu apa saja manfaat yang dimiliki oleh tauge ini? Berikut akan kita bahas.

Berbagai Khasiat Tauge Untuk Kesehatan


  • Meningkatkan Kesuburan

    Bukan menjadi rahasia lagi jika kandungan vitamin E yang ada pada tauge berguna untuk membantu mengurangi gangguan pramenstruasi, keluhan menstruasi, pramenopause, dan gangguan akibat menopause.

  • Membantu Memperlambat Penuaan

    Beberapa ahli menegaskan, agar menyantap tauge dalam keadaan mentah, agar substansi peremajaan tetap utuh. Jika tidak ingin mengkomsumsi dalam keadaan mentah,  dapat merebusnya sesaat pada air yang telah mendidih lalu ditiriskan. Jangan sampai terlalu matang. Dengan cara itu, vitamin C dan enzim yang merusak diperkirakan hanya 20 persen. Jika direbus lama, kerusakannya dapat mencapai sedikitnya 60 persen. Kecambah adalah antioksidan kuat yang sangat padat sehingga perisai tubuh dari radikal bebas. Perlindungan ganda ini memperkuat kesimpulan bahwa kecambah merupakan sayuran yang membuat kita awet muda.

  • Bermanfaat Untuk Penderita Stroke

    Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan taoge. Hal ini disebabkan, saponin dalam taoge akan mengahancurkan lemak jahat (LDL) tanpa megganggu kandungan lemak yang baik (HDL). Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam taoge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen.

  • Memperlancar Buang Air Besar

    Tauge mentah memiliki manfaat lebih banyak daripada yang sudah dimasak. Selain bergizi, tauge lebih mudah dicerna karena mengandung enzim dan serat yang larut. Bahkan, enzim tersebut dapat meningkatkan gerakan usus. Jika Anda menderita masalah pencernaan dan kembung, konsumsilah tauge secara teratur.

  • Sangat Baik Untuk Hipertensi

    Air rebusan tauge bisa untuk menurunkan hipertensi. Caranya, ambil segenggam tauge, cuci bersih lalu masukkan 3 gelas air ke dalam panci kemudian rebus hingga mendidih. Biarkan dingin dan minumlah segelas pada waktu pagi dan sore hari. Lakukan secara teratur selama seminggu, dengan begitu tekanan darah aqkan normal kembali.

  • Kaya Enzim

    Tauge merupakan sumber enzim yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Enzim ini dapat menaikkan energi tubuh dan membuat kita merasa bugar dan sehat.

Begitu luar biasa bukan khasiat serta Manfaat Tauge Untuk Kesehatan? Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda yang membacanya, khususnya bagi penderita penyakit yang saat ini sedang mencari kesembuhan melalui metode alternatif.

13 komentar:

  1. Informasinya sangat bermanfaat banget mas,,, makasih banyak??

    BalasHapus
  2. Izin berkunjung dan nyimak langsung artikelnya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan gan, sepuasnya aja kunjungannya!!!

      Hapus
  3. Blog dan artikelnya menarik banget untuk disimak, sayang banget jika terlewatkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak gan, jangan kapok ya berkunjung ke blog ane hhe...

      Hapus
  4. Balasan
    1. Iya gan, ane juga baru tahu kalo tauge itu manfaatnya besar sekali...

      Hapus
  5. Terima kasih mas informasi nya.. kalo yang beginimah, dikampung saya disebutnya "TOGE" :D

    BalasHapus
  6. terimakasih banyak, sangat menarik sekali...

    BalasHapus

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status W3 Directory - the World Wide Web Directory Visit pugi herbal at Ping.sg